AlexiusLetlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 19207 kali


Khotbah
Minggu, 09 Juni 2013
1 Petrus 1:3-12
HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
Pdt. alex Letlora



Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus Kristus,
Seringkali terjadi kesalahan konsep bagi orang Kristen yang mengira bahwa mengikuti Yesus hanya dikelilingi oleh damai sejahtera dalam versi dan ukuran manusia. Artinya seluruh kehadiran selaku umat Allah diposisikan sebagai berkat yang tidak perlu dipertanyakan. Maka tidak heran jika warga jemaat ada yang sakit maka pernyataan yang muncul adalah 'mengakulah dosamu". Ketika hidup ke-Kristen-an hanya hanya pararel dengan berkat yang dipikirkan sejajar dengan konsep manusia, maka ini adalah ke-Kristen-an yang tidak bermutu.

Hidup sebagai pengikut Yesus Kristus juga diperhadapkan dengan kenyataan yang menantang bahkan pahit. Kita tidak berbuat kesalahan tetapi bisa menjadi korban dari kesalahan orang lain. Maka hidup secara Kristiani sebagaimana dinyatakan dalam 1 Petrus 1: 6 menunjukkan secara jelas bahwa bergembiralah dalam pergumulan dan persoalan juga ketika kita akan dapatkan cemooh dan juga pujian. Namun yang paling utama dalam konteks ini ialah bagaimana umat selalu memiliki pengharapan di tengah persoalan.

Mereka yang menjadi pengikut Yesus pada jaman Petrus adalah mereka yang berada di tingkat hamba dan hamba berarti mereka tidak memiliki otoritas. Hamba berarti mereka berada dalam wilayah yang penuh dengan tekanan dan himpitan. Maka penderitaan yang dialami bukan karena cara hidup mereka tetapi lebih karena pilihan hidup mereka. Pilihan hidup itu dikatakan dengan bahasa yang jelas sebagai HIDUP YANG PENUH PENGHARAPAN (AYAT 3).

Sahabat-sahabat yang terkasih dalam Yesus,

Hidup yang berpengharapan adalah hidup yang diwarnai dengan keyakinan bahwa umat berada pada jalur dan jalan yang tepat. Ketika berada pada jalan yang tepat itulah terwujud sebuah antusiasme yang menggelora untuk selalu hadir secara bertanggung jawab selaku orang percaya. Maka dapat kita perhatikan hal berikut:

1. Ayat 3-5 : melalui gagasan ini hendak ditegaskan bahwa kegembiran yang dikemas dengan pujian kepada Allah didalam Yesus Kristus menggugurkan semua pola yang mengarah kepada diri sendiri. Pujian kepada Allah yang didasarkan pada pemahaman bahwa umat akan menjadi pewaris (ayat 4-5) menunjukkan bahwa ke-kini-an berpengaruh besar terhadap masa depan. Artinya setiap mereka yang sudah menjadi pewaris akan kehilangan warisan yang terindah yakni keselamatan ketika warisan itu tidak terjaga dan terpelihara secara disiplin. Petrus hendak menegaskan bahwa karya keselamatan di dalam Yesus Kristus adalah sebuah karya yang menimbulkan pujian kepada Tuhan (ayat 3) sebab kapasitas sebagai pewaris yang diberikan kepada manusia yang percaya sesuai dengan kasih karunbia Allah.

Ini berarti hidup ke-Kristen-an yang melekat pada diri kita adalah ke-Kristen-an yang diliputi dengan kegembiraan bahwa kita adalah pewaris dari kehidupan kekal tetapi sekaligus adalah umat yang mengfalami penderitaan dalam masa kini. Maka hidup ke-Kristen-an kita bukanlah sebuah hidup yang manja dan dinina bobokan oleh pemikiran bahwa menjadi Kristen = tidak mengalami penderitaan sebab pada dasarnya, ke- Kristen-an adalah sebuah pilihan hidup yang mengatasi semua persoalan dan pergumulan dengan disiplin yang tinggi dalam hubungan dengan Yesus. Artinya hidup Kristiani adalah hidup yang berkualitas tatkala hubungan yang terjalin dengan Yesus senantiasa dijaga. Maka asumsi sempit bahwa menjadi Kristen tidak akan menderita merupakan buah pikiran yang menyesatkan (Fil.1:29 - Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia ). Inilah ke- Kristen-an yang kokoh, tangguh, berwibawa serta memiliki kuasa.

2. Ayat 6-9. Pergumulan dan persoalan yang dialami oleh umat sungguh tidak menjadi penghalang bagi kasih karunia Tuhan Yesu Kristus, inilah alasan kenapa kegembiraan menjadi nyata (ayat 6). Kegembiraan disini bukanlah kegembiraan karena memiliki segala sesuatu, mereka adalah hamba jadi identic dengan berkekurangan. Kegembiraan dalam hal ini lebih disebabkan oleh keyakinan mereka pada pengharapan yang dihayati dengan sungguh-sungguh ( band. Ayat 8). Mereka memang tidak melihat secara phisik kehadiran Yesus tetapi dalam iman yang kuat dan teguh kepada Yesus enjadi unusr pembeda. Hal ini memperlihatkan bahwa dalam mengikuti Yesus, urusannya tidak semata-mata soal berkat jasmani tetapi soal berkat rohani yakni keselamatan jiwamu (ayat 9).
Apakah unsur pembeda antara kita dengan masyarakat pada umumnya yang memiliki kesamaan dalam hal penderitaan ?. Unsur pembeda itu ialah kita tetap bergembira dan bersykur kepada Tuhan di tengah-tengah penderitaan sebab Ia tetap menyertai. Penyertaan Yesus menjadi unusr pembeda karena bersemainya pengharapan yang kokoh di dalam Yesus ( Rom 5:5). Sikap inilah yang memungkinkan setiap anak Tuhan tidak silau dengan keduaniwian karena berpendapat bahwa kehadirannya adalah untuk mebagi pengharapan itu kepada sesama.

Memang sebagai orang percaya kita tidak menggap rendah berkat jasmani yang dari Tuhan tetapi sekaligus kita tetap meyakini bahwa kedewasaan beriman kita tidak ditentukan oleh berkat jasmani. Kematangan iman kita justru mengkristal dalam keberanian untuk memberi. Memberi yang terbaik kepada Tuhan adalah memberi dengan keyakinan bahwa pemberian persembahan kita selalu berarti dihadapan Tuhan. Maka kedisplinan kita dalam menjaga relasi dengan Tuhan Yesus menjadi kata kunci dalam hidup beriman kita setiap hari.

Maka kehadiran kita sebagai umat yang mewarisi kasih karunia Allah membuat kita tetap tegar dalam pergumulan dan tidak kehilangan arah dalam penderitaan oleh karena pengharapan yang senantiasa menyala. Inilah konsekuensi dari pilihan kehidupan yang kita lakukan sebagai anak-anak Tuhan.
Maju terus bersama Tuhan Yesus sebab kita tahu bahwa dalam pesekutuan dengan-Nya, antusiasme kita untuk melayani Tuhan tidak pernah sia-sia. Ay 11b: 'segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu`.

Kristus mengalami penderitaan, baru kemuliaan. Kalau kita pengikut Kristus, kita juga harus melalui jalan itu! Amin


Pdt. Alexius Letlora D.Th





Arsip Khotbah:

Minggu, 18 Juni 2017
MENIKAH ATAU LAJANG ADALAH KARUNIA

Minggu, 4Juni 2017
KITA MILIK ALLAH KARENA ROH KUDUS

Minggu, 21 Mei 2017
YESUS MESIAS SEJATI

Minggu, 19 Maret 2017
DENGAN SIAPA ANDA MEMBANGUN KOALISI?

MINGGU, 12 Maret 2017
MAUKAH ENGKAU SEMBUH

Minggu 5 Maret 2017
PILIH UNTUK PULIH

Minggu, 18 Desember 2016
KASIH YANG KEKAL

Minggu, 11 Desember 2016
KEBAHAGIAAN - PROPERTI ATAU EMOSI

Minggu, 4 Desember 2016
KOBARKANLAH BERITA DAMAI

Minggu, 20 Nopember 2016
TINDAKAN NYATA DAN BENAR

Arsip Khotbah..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th
Saya adalah Pendeta di GPIB Jemaat Immanuel, Depok. Melayani selama 25 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 24 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.
MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
MAKNA KEMATIAN YESUS ( Jumat Agung )
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA
SEPATU YANG BERLUBANG
GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
`SUAMI-ISTRI YANG DIKAGUMI DAN DICINTAI`


Sub Kategori Khotbah:

    Last Searches:
    berkat allah bagi keluarga (1), berpidato untuk kebaikan diri sendiri untuk tuhan. (1), cara mengatasikonflik dlm keluargakristen (2), perikop tentang bertahan dalam pengajaran (1), renungan galatia 3:23-29 (1), "orang besar""hati besar" (1), "penantian" kotbah (1), "sumber-sumber konflik pernikahan kristen" (2), 1 korintus 7:2-5 (1), 1 petrus 1: 3-12 (1), 1 tesalonika 5 6-11 (1), 1 yohanes 5:1-5 (3), 1Tesalonika5:6-11 (1), 2 samuel 12 ayat 13 (1), 3 artikel orang yang berpengharapan (1), 3 perseteruan dalam keluarga di dalam alkitab (1), Abigail perempuan bijak (1), abigail wanita bijak (1), ajaran nihilisme (1), akibat bagi orang yang percaya jika ia tidak berpengharapan (1), alasan ketidakadilan manusia menurut alkitab (1), alasan mengapa selaku anak Tuhan kita harus hidup berpengharapan (1), alasan orang kristen untuk berpengharapan kepada Yesus (1), alex letlora (1), alex letlora 2 raja-raja 4 31 37 (1), allah dan karyanya (1), ALLAH MEMBERKATI NUH DAN KELUARGANYA (1), amsal 22 17-19 (8), amsal 5 : 13-23 (1), amsal 5 :13-23 (1), apa 3 bentuk konflik dari pertobatan (1), apa arti hidup berpengharapan dalam iman kristiani (3), apa artinya mengalami kasih karunia (1), Apa bedanya anugerah dan kasih karunia (1), apa berkat allah ditengah keluarga nuh (1), apa itu hidup berpengharapan (1), apa itu sifat yang kompatibel (1), apa konsekuensi sebagai seorang murid yesus (1), apa makna hidup berpengharapan dalam iman kristiani (1), apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tirai bait Allah terbelah menjadi 2 (1), Apa Makna kematian Yesus Kristus/jumat agung (1), apa perbedaan grace dan faver (1), Apa yang dapat kita pelajari dari kesetiaan allah pada janjinya (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), apa yg dilakukan agar iman kristen tdk goyah (1), apakah bukti bahwa bahasa taat kepada konteks (1), apakah yesus memerlukan pujian (1), aplikasi kotbah kristen perseteruan suami istri (1), Arti bermartabat secara utuh (1), arti berpengharapan bagi umat kristen (2), arti dari Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan (1), arti favour dlm agama kristen (1), arti firman Tuhan amsal 22 (1), arti hidup berpengharapan (4), arti kuasa maut telah dikalahkan (1), arti malam bagi para pemazmur (1), arti maz 119:1-8 (1), arti memercayakan diri (1), arti pentakosta pribadi (1), arti sebuah kemerdekaan khotbah kristen (1), arti To be trusted is a greater compliment than being loved. ~ George MacDonald" (1), artikel konflik dalam kekristenan (1), Artikel kotbah tetang hidup berpengharapan (1), artikel kristen tentang konflik keluarga (1), Artikel Kristen Hidup Berpengharapan (1), artikel kristen tentang perwujudan (1), artikel markus 1:14-15 (1), artikel pdt. alex letlora (3), artikel tentang hidup berpengharapan (2), artikel yang memperlihatkan hidup yang tidak berpengharapan (1), artikel; pemeliharaan Allah (1), ayat alkitab tentang jeri payah tidak sia sia (1), ayat Alkitab utk mengatasi konflik keluarga Kristen (1), ayat berpengharapan (1), ayat firman Tuhan jeri payah dalam Tuhan tidak sia-sia (1), ayat mendengar suara tuhan (1), ayat paskah tentang persembahan yang tulus (1), Ayat penantian (1), ayat peneguhan sidi (1), ayat setiap jaman ada utusan (1), ayat tentang pergumulan kristen (1), ayat untuk sahabat yang berkhianat (1), ayat untuk tangan menjadi kuat (1), bacaan seks sekeluarga (1), bagaimana hidup dengan berpengharapan di dalam yesus (1), bagaimana mengalami penolakan dalam Tuhan (1), bagaimana mengenal allah melalui pengenalan akan diri sendiri dan mengenal diri sendiri melalui peng (1), bagaimana mengusahakan keluarga sebagai anugerah Allah (1), bagaimana menjadi orang Kristen yang berpengharapan? (2), Bagi Berkat.com (1), bahagia orang yang mencari tuhan (1), bahan khotbah bersyukur dan berpengharapan (1), Bahan khotbah keluarga yang bertumbuh (1), bahan khotbah tentang keluarga yg menjadi berkat dalam alkitab (1), bahan khotbah tentang ketidakadilan (1), bangkit bersama kristus (1), batas batas peran seorang kakak dalam.alkitab (1), batsyeba salomo adonia (3), batsyeba atau batsyua?? (1), belajar pada kesetiaan allah (1), benteng yeriko (1), bentuk-bentuk konflik dalam keluarga (1), berapa kali yesus bangkit (1), berapa tebal dan tinggi tembok yeriko (1), berapa tebal tembok yerikho (2), berbalik kepada Tuhan (1), berita pengkhianatan kasih (1), berita yang dikumandangkan perjanjian kudus (1), berjaga jaga dlm kasih (1), berkat allah dalam keluarga (1), berkat apa yang diberikan tuhan kepada orang yang berpengharapan (1), berkat bagi keluarga (1), berkat berpengharapan kepada tuhan (1), berkat besar (1), berkat dalam keluarga (1), berkat dalam keluarga kristen (1), berkat dari kepercayaan kita kepada yesus kristus (1), berkat keluarga (1), berkat nuh (1), berkat rajin ibadah (1), berkat terhambat (1), berkat tuhan bagi keluarga (2), berkat tuhan bagi keluarga, (2), berkat tuhan dalam keluarga (2), berkat tuhan dalam keluarga kristen (1), berkat untuk keluarga kristen yg sungguh (2), berkat-berkat dalam keluarga kristen (1), Berkat-berkat jika kita berpengharapan di dalam Tuhan Yesus (1), Berpengharapan (8), berpengharapan akan penyertaan tuhan (1), berpengharapan dalam iman (1), berpengharapan dalam Kristus (1), berpengharapan dalam pergumulan (2), Berpengharapan dalam Tuhan kristiani (1), berpengharapan di dalam doa (1), berpengharapan di dalam Tuhan kristen (1), berpengharapan di dalam Tuhan tidak akan sia-sia (1), berpengharapan kepada Yesus (2), berpengharapan pada tuhan (1), berpengharapan pada yesus (1), berpengharapan penuh (1), berpengharapan penuh pada tuhan (2), berpengharapan teguh dalam hidup (1), bersoraklah hai jiwaku firman tuhan (1), bersyukur dan berpengharapan (1), bertumbuh ditengah himpitan (1), bertumbuh sebagai keluarga Allah (2), besar tembok yerikho (1), buat seks dengan adikl kandung (1), bukti kasih phileo dalam pernikahan kristen (1), cara d0a berpengharapan dan bersyukur (1), Cara hidup berpengharapan (1), cara jidup berpengharapan (1), cara mempernalkan Allah pada Anak-anak (1), cara mengatasi konflik dalam keluarga dalam kristen (1), cara mengatasi konflik keluarga kristen (1), cara mengatasi pergumulan hidup (1), Cara mengatasi pergumulan hidup bersama yesus (2), cara mengganti ruang publik menjadi ruang privat (1), cara menghilangkan dendam menurut kristen (1), cara penyelesaian konflik pasutri kristen (1), cari ayat alkitab"...imamat rajani,umat kepunyaan Allah" (1), Carikan karangan yang berisi orang yang Hidup dalam Iman ( Berpengharapan ). (1), catatan khotbah imamat 26:1-6 (1), Catatan khotbah pentingnya persekutuan Roh secara individu (1), catatan kotbah mencari tuhan (1), cerita cinta dalam karuniaNya (1), cerita hidup berpengharapan (1), cerita rohani tentang nyanyian (2), CinTasukacitaharapan (1), cleansing rezim yang terjadi di (1), contoh allah melindungi umatnya (1), contoh bahwa kehidupan manusia selalu diwarnai oleh takut akan tuhan (1), contoh bahwa kehidupan manusia selalu diwarnai tentang takut akan tuhan (2), contoh konkret hidup kudus (1), dalam hidup ini,nasihat terbaik yang diterima . (1), dalam kehendak tuhan yang penuh kasih (1), dampak pentakosta (2), Dendam dalam saudara kristus (1), dengarkan hal yang perlu didengarkan (1), dengarkan yang pantas didengarkan (1), di dalam alkitab terdapat perseteruan antara saudara kandung seperti (1), dialog percakapan tentang kehidupan (1), didalam yesus kita dapat melangkah dalam kepastian (2), dijauhkan dari ketidakadilan (2), dimana ada ketidakadilan disitu ada ketidakbenaran (1), Dimanakah janji Allah kepada Abraham ditepati. (1), Dispiritualisasikan (1), doa berlaku ketidakadilan (1), doa inner beauti (1), doa karena ketidakadilan (1), doa ketika dizhalimi diperlakukan tidak adil (1), doa ketika mengalami penolakan (1), doa masa pentakosta 04-06-2014 (1), doa menghadapi ancaman orang (1), doa menghadapi kejahatan ancaman orang (1), doa minta tolong dari ancaman orang (1), doa orang yang terancam seseorang (1), doa paulus untuk sakitnya (1), doa untuk berkat keluarga (1), doa untuk hati yang.ketakutan terancam (1), doa untuk menghadapi peperangan rohani (2), Doa untuk orang mengalami ketidakadilan (1), doa untuk orang-orang yang mengalami ketidakadilan (1), doa untuk untuk pemimpin umat (1), dosa dikalahkan kasih karunia (1), efesus 1 3-14 (1), efesus 14:21 (1), efesus 1:3-14 (5), eksposisi 1 petrus 1 : 3-12 (2), eksposisi lukas 23:44-49 (1), eksposisi mazmur 2:11 (1), eksposisi mazmur 34 (6), filipi 2 1-7 (2), firman Allah tentang ketidakadilan (2), firman tuhan dari kitab amsal (1), firman tuhan kristen ketidakadilan (1), firman tuhan tentang ketidakadilan (1), galatia 3 ayat 23 (1), galatia 3:23-29 (1), galatia. 3: 23-29 khotbah (2), gpib khotbah hut (3), hal - hal apa yang membuat orang kristen sulit berpengharapan (2), HAL-HAL APA SAJA KESETIAAN YUSUF (1), hal-hal penting bagi para pelayan Tuhan (1), hasil dari ketaatan dan kekudusan (1), hidup beriman dan beroengharapan kristen (1), hidup beriman dan berpengharapan (2), hidup beriman dan berpengharapan dalam Tuhan (1), hidup beriman dan berpengharapan pada orang kristen (1), hidup beriman dan berpengharapan secara kristen (1), hidup berpengharapan (13), hidup berpengharapan dengan Yesus (1), hidup berpengharapan pada kuasa yesus (1), hidup berpengharapan pada tuhan (1), hidup bersama dan berpengharapan (1), hidup bersama dengan benar (2), hidup bukan soal roti ayat (1), HIDUP DALAM KELUARGA ALLAH (1), Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan. (1), hidup kristiani (4), hidup penuh penderitaan [kristiani (1), HIDUP SELALU DI TUNTUN OLEH ROH KUDUS (1), hidup suami istri dalam tuhan (2), hidup tak berpengharapan (1), hidup yang berkualitas dalam yesus (3), hidup yang berpengharapan (1), hidup yang tidak berpengharapan (1), hidup yg berpengharapan (2), hidup+berpengharapan+di+tengah+masa+sulit (1), hikmad pelayan Tuhan (1), homili jumat agung lukas 23 : 44-49 (1), HOSPITALITY DI DALAM KELUARGA (2), hotbah pdt aleks letlora kasih kristus memenangkan hidup (1), hotbah tdk mau mengakui keberadaan dan jerih lelah org lain (1), hotbah+kristen+janji+yang+ditepati (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=168 (4), http://alexletlora.com/index.php?ipage=171 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=179 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=186 (3), http://alexletlora.com/index.php?ipage=188 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=231 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=259 (2), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=77 (1), hubungan dengan hidup beriman dan berpengharapan bagi org2 (2), Hubungan keluarga nuh (1), hubungan kesetiaan dan janji (1), hubungan nuh dengan allah (1), hubungan nuh dengan tuhan (1), hubungan pujian dan kesehatan (1), hubungan yesus dan daud (1), hut pelkat gpib (1), ia tidak ada disini sebab ia sudah bangkit (1), ibrani 13:1-5 (3), ibrani 3:12-15 (3), II Samuel 13 Hotbah kristen (1), ikuti jalan yesus (1), ikuti saja jalan Tuhan (1), ikutilah jalan yesus (1), iman yang menyelamatkan (1), ingat sobat hati kita harus dibaharui oleh Tuhan (1), ini pilihan hidupku bersama yesus (1), isi dialog sebuah berita (1), isi khotbah membangun jemaat kristen 2013 (1), istri yang berkenan di mata Tuhan n suami kristen (2), istri yang dendam pada suami menurut alkitab (1), jadilah istri yang baik buat suamimu (1), Jadilah istri yang sesuai dengan Firman Tuhan Yesus (1), jangan ragukan kuasa TUHAN (1), janji allah kepada abraham yang belum terwujud (1), janji allah untuk kita (1), janji allah untuk kita galatia 3:23-29 pdt alex letlora (1), janji dalam hubungan (1), janji tuhan kepada abraham adalah janji yang murni (1), Jelaskan peranan iman yang menyelamatkan dalam kehidupan (2), jumat agung (1), Kalender juli 2014 to be trusted is a greater compliment (1), kalimat yg berpengharapan dalam do kristiani (1), karya allah dalam pelayanan (1), karya allah dalam pembaharuan hidup (1), karya allah dalam peristiwa yang dialami manusia (1), karya karya Allah saat ini (2), karya keselamatan allah terwujud dalam (1), karya penyelamatan allah melalui yesus kristus adalah puncak dari seluruh pernyataan (1), karya penyelamatan allah melalui yesus kristus merupakan puncak dari seluruh pernyataan (1), karya penyertaan tuhan (1), karya roh kudus meruntuhkan sekat-sekat perbedaan antara umat manusia (1), karya tuhan + paskah (1), kasdim depok (1), kasih karunia nyata atau tidak (1), kasih kristus memenangkan hidup (2), Kasih Kristus Memenangkan Hidup - 1 Yohanes 5 : 1 - 8 (1), kasih memenangkan (1), kata janji tidak pernah ditepati (1), kata kata berpengharapan di dalam Tuhan (1), kata kata untuk pemimpin punjian (1), Kata tegar dalam pergumulan (1), kebahagiaan hidup berpegang pada firman tuhan (1), kebenaran dan ketidakadilan (1), kehendak Allah adalah mengalami kasih allah (1), kehidupan yang diwarnai oleh kemurahan tuhan (2), kehidupan yang kegalapan dalam alkitab (1), kehidupan yg di jaga tuhan (1), keindahan mengikut YESUS (1), kekuatan para murid murid yesus dalam menghadapi tantangan dalam pemberitaan injil (1), kekuatan tuhan selalu melindungi kita (1), kekuatan yang meruntuhkan tembok yerikho (1), kekudusan keluarga (1), keluarga : sahabat Tuhan Yesus (1), KELUARGA ALLAH YANG KUDUS KHOTBAH (1), keluarga allah yg bertumbuh (1), keluarga kristen (2), keluarga kristen khotbah (1), keluarga yang menjadi saluran berkat (1), KEMARAHAN YESUS (4), kematian tragis penghina alkitab dan kristus (1), Kemegahan apa ada pada istri kristen (1), kerja sebagai berkat allah (2), kesatuan dalam perbedaan (1), kesehatan spiritual secara iman kristen (1), keselamatan tidak dapat diperjual belikan hal ini dikemukakan oleh (2), kesetiaan allah (3), kesetiaan janji allah (1), kesetiaan pada perjanjian dengan Allah (2), kesetiaan terhadap janji Allah untuk masa depan (1), kesetiaan Tuhan (2), kesetiaan tuhan tidak berubah (1), Kesetiaan yakub (1), kesetiaan yakub untuk rahel (1), kesetiaan yang diajarkan Tuhan (1), kesetiaan yang sia sia (1), kesetiaan yusuf anak yakub (1), kesetiaan yusuf kepada allah (1), kesetiaan, khotbah minggu (1), kesetian didalam tuhan (2), kesombongan dan konflik menurut alkitab (1), Ketakuta akan masa depan orang kristen (1), ketebalan tembok yerikho (1), keteladanan yakub (2), ketidakadilan dan kehendak tuhan (1), ketidakadilan karena Tuhan Yesus (3), ketidakadilan yesus ayat (1), ketika ketidakadilan (1), khiotbah kristen: teladan mikhal (istri daud) (1), khotba berkat dalam keluarga (2), khotba kristen keluarga yang diberkati tuhan (2), khotba kristen keluarga yang diberkati#q=khotba kristen keluarga yang diberkati (1), khotba kristen pdt alex letlora (2), khotba kristen tentang kesatuan dalam perbedaan (1), khotba kristen. pdt alex letlora (1), khotba kristen:bagaimana kita mengatasi konflik dlm rumH tangga (3), khotba pdt.alex letlora. hidup berpadanan dengan injil kristus (1), khotba untuk keluarga kristen 2014 (1), khotba wanita kristen dari kitab amsal (1), khotbah kristen hidup berpengharapan (2), Khotbah tentang percakapan Yesus dengan perempuan samaria (1), khotbah 1 petrus 1 3 - 12 (2), khotbah 1 petrus 1 3-12 (1), khotbah 1 petrus 1:3-12 (2), khotbah 1 petrus 1:6 (1), khotbah 13 oktober 20013 (1), khotbah 1yoh. 5:1-5 (3), khotbah 2 sam 18:19 (1), khotbah 2 samuel (1), khotbah 2 samuel 23 : 5 (1), khotbah 2 samuel 3 (1), Khotbah : Markus 1 : 12 - 15 (1), Khotbah : Yesus di padang gurung ( Markus 1 : 12 - 15 ) (1), khotbah abigail (1), khotbah akal gibeon (1), khotbah allah yang berdaulat (1), khotbah Amsal 13:17 (1), khotbah amsal 22 17-19 (2), khotbah amsal 22:1 (1), khotbah amsal 5 13-23 (2), khotbah beribadah dengan kekudusan (1), khotbah beriman:percaya dan memercayakan diri (2), khotbah berkarya selama hidup untuk orang lain (1), khotbah berkat tuhan dalam keluarga kristen (1), khotbah bermakna untuk orang lain (1), khotbah bersoraklah hai jiwaku (1), khotbah bersyukur dan bersoraklah (1), khotbah bertumbuh di tengah persoalan hidup (1), khotbah bongkar kebiasaan lama (4), khotbah dalam 1 petrus 1:3 (1), khotbah dari 1 petrus 1 ayat 15 -16 (2), khotbah dari efesus 1:3-14 (1), khotbah dari lukas 23:44-49 (1), khotbah dari lukas 4 (1), khotbah dari lukas 4:16-30 (1), Khotbah dari Wahyu 19:1-5 (1), khotbah derai air mata (1), khotbah di masa-masa sulit (1), khotbah doa paulus jemaat efesus (1), khotbah dri 1 petrus 1:3-12 (2), khotbah efesus 1 3-14 (3), Khotbah Efesus 1 : 3 - 14 (1), khotbah efesus 2 ; 11 - 22 pdt alex ltlora (1), khotbah efesus 3 : 14 -21 (1), Khotbah Efesus 5:1-21 (1), khotbah efesus 5:22-30 (1), khotbah efesus 6 : 18 - 22 (1), khotbah efesus 6:10 (1), khotbah efesus 6:10 -17 (2), Khotbah Filipi 2 : 1 - 4 (1), Khotbah filipi 2 : 1 -11 (1), khotbah galatia 3 (2), khotbah galatia 3 23-29 (3), khotbah Galatia 3 26 (1), khotbah galatia 3 : 25 - 29 (1), Khotbah Galatia 3 : 26 - 29 (1), khotbah galatia 3 : 29 (2), khotbah Galatia 3 ayat 23-29 (1), khotbah galatia 3:23-29 (5), khotbah galatia 3;25-29 (1), khotbah gki efesus 1:3-14 (1), Khotbah GKJ: Kristus dan kegenapan hukum taurat (1), Khotbah GPIB; Percaya dan mempercayakan diri (1), Khotbah hari kemerdekaan (1), khotbah hari pentakosta (1), khotbah hari ulang tahun jemaat (2), khotbah hari ulang tahun memaknai hidup di usia 18 th (1), khotbah hidup benar didalam kebenaran (2), khotbah hidup berpengharapan (2), khotbah hidup dngan berpengharapan (1), khotbah hidup penuh persoalan (1), khotbah hikmat kepemimpinan (1), Khotbah HUT (1), khotbah hut gereja (1), khotbah hut gereja/jemaat (1), khotbah HUT jemaat (12), Khotbah hut kemerdekaan (1), khotbah HUT PA (1), khotbah Ibrani 13 (1), khotbah ibrani 13:1-5 (1), khotbah iman yang menyelamatkan (1), khotbah injil markus 14 : 62 (1), khotbah jangan pernah lelah mencari Tuhan (1), khotbah jangan ragukan tentang Yesus (1), khotbah janji Allah kepada yakub (2), khotbah jumat agung (3), khotbah jumat agung kematian tuhan yesus (1), khotbah jumat agung kematian yesus (16), khotbah kasih karunia (1), khotbah kasih karunia allah (1), khotbah kehidupan keluarga kristen (3), khotbah kehidupan kristen (1), khotbah kejadian 48 (1), khotbah keluarga dari 2 samuel 18:27 (2), khotbah keluarga harus dimenangkan (1), khotbah keluarga kristen (6), khotbah keluarga kristen yang hidup dalam doa (1), khotbah keluarga sebagai refleksi hubungan allah dengan umatnya (1), khotbah keluarga sedang krisis melayani (1), khotbah keluarga yang diberkati (1), khotbah kematian tuhan yesus (1), khotbah kematian Tuhan Yesus dlm luk. 23: 44-49 (1), khotbah kemerdekaan (7), khotbah kemerdekaan 2014 (1), khotbah kemerdekaan dalam keluarga (1), khotbah kemerdekaan dalam kristus (1), khotbah kemerdekaan kristen (1), khotbah kesetiaan (1), khotbah kesetiaan allah (1), khotbah kesetiaan Yusuf (1), Khotbah ketidakadilan (1), khotbah ketidakadilan dalam hidup (1), khotbah Kisah Para Rasul 3:11-26 (2), khotbah Kolose 2:1-5 (2), khotbah kriaten jemaat yang membangun (1), khotbah kristen 1 korintus 13:1-3 (1), khotbah kristen 2 korintus 13,11-13 (1), khotbah kristen 2 samuel 13 :23 - 39 (1), khotbah krIsten 2 samuel 13:23-39 (3), khotbah kristen : daud dan batsyeba (gpib) (1), khotbah kristen bersyukur di tengah penderitaan (1), khotbah kristen dari 2 samuel 3:1 (1), khotbah kristen dari titus 2: 4-5 (2), khotbah kristen hidup berpengharapan (2), khotbah kristen HUT desa mazmur 23 (1), Khotbah kristen kehidupan yang melekat pada kristus (1)

    Kategori Utama: Artikel (37), Catatan Refleksi (67), Download Materi (2), Khotbah (136), Photo Keluarga (28)