AlexiusLetlora.com
Doa adalah percakapan dengan Tuhan dan kesediaan untuk meng'amini' kehendak-Nya. Tetaplah 'bicara' dan setialah 'mendengar'. Itulah DOA.

View : 13142 kali


Khotbah
Selasa, 28 Agustus 2012
2 SAMUEL 13 : 23 - 27
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
Pdt. A. Letlora

KHOTBAH SERIAL KE-2
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN.
( 2 SAMUEL 13 : 23 - 27 ).

Jemaat yang Tuhan Yesus Kasihi,

R. Paulus mengatakan bahwa setiap pengikut Yesus adalah seperti seorang prajurit ( 2 Tim. 2 : 4 ) Kekristenan itu bukanlah sebuah tempat untuk bermain, namun kekristenan merupakan suatu medan pertempuran. Artinya adalah bahwa ketika kita mengambil keputusan untuk menjadi pengikut Kristus maka kita akan dibawa masuk kedalam suatu medan pertempuran. Kekristenan itu bukanlah tempat untuk bermain. Tidak mungkin seorang prajurit akan bermain-main ketika sedang berada dalam sebuah pertempuran. Dia harus berjaga-jaga, dia harus waspada, dia harus serius dalam menjalankan setiap perintah komandannya. Demikianlah dalam hidup sebagai suami-istri, keluarga bukanlah tempat untuk bermain-main, untuk uji coba, sebab berkat yang dimintakan dari Tuhan bukanlah berkat yang sifatnya uji coba. Maka suami-istri yang mengikat janji pernikahan adalah suami-istri yang harus memahami bahwa medan pertempuran ini harus dihadapi dan dimenangkan. Dalam bacaan kita saat ini dikemukakan bahwa konflik yang terjadi dalam keluarga adalah pertentangan yang kemudian berujung pada kejahatan. Daud sebagai seorang raja dikatakan sebagai seseorang yang berkenan di hati Tuhan ( 1 Sam. 13 : 14 ). Tetapi Daud juga telah memperlihatkan perilaku yang tidak menjadi teladan sebagai seorang suami yang istrinya adalah :

ABIGAIL. Perempuan itu bijak dan cantik (I Sam 25:3) Menjadi istri Daud setelah kematian Nabal (I Sam 25:39, 40, 42; 27:3; 30:5; 2 Sam 2:2).

ABITAL Istri Raja Daud (2 Sam 3:4; 1 Taw 3:3)

AHINOAM dari Yizreel Istri Daud (1 Sam 25:43; 27:3; 1 Sam 30:5; 2 Sam 2:2) Ibunda Amnon, anak Daud (2 Sam 3:2; 1 Taw 3:2)

BATSYEBA/BATSYUA binti Amiel (1 Taw 3:5) Putri Istri Eliam (2 Sam 11:3) Istri Uria orang Het (2 Sam 11:3) Menjadi Istri Daud setelah rencana pembunuhan Uria oleh Saul berhasil (2 Sam 11:27; 12:24) Ibunda Salomo/Yedija (2 Sam 12:24, 24; 1 Raj 1:11; 2:13).

EGLA Istri Daud (2 Sam 3:5; 1 Taw 3:3) Ibunda Yitream, anak Daud (2 Sam 3:5; 1 Taw 3:3)

HAGIT Istri Daud (2 Sam 3:4) Ibunda Adonia, anak Daud (2 Sam 3:4; 1 Raj 1:5, 11; 2:13; 1 Taw 3:2)

MIKHAL Putri bungsu Saul (1 Sam 14:49; 18:20; 2 Sam 3:13; 6:16; 6:20, 23; 1 Taw 15:29) Istri Daud (1 Sam 18:27; 19:11)

Maka ketika Amnon memperkosa Tamar dan tidak mau bertanggung jawab disitulah benih-benih konflik mulai disemaikan. Nama Amnon atau אמנון mempunyai arti yang berkaitan dengan kesetian yaitu seperti dapat dipercaya atau setia. Ia merupakan anak yang berasal dari hasil perkawinan Daud dengan istrinya yaitu Ahinoam, perempuan Yitzreel. Amnon merupakan lelaki yang memperkosa Tamar, saudara tirinya. Tamar merupakan saudara kandung dari Absalom.

Hal inilah yang menyebabkan kematian Amnon. Ia dibunuh oleh orang-orang suruhan adiknya Absalom yang marah karena perbuatannya tersebut. Pembunuhan tersebut terjadi ketika ia sedang dalam keadaan mabuk karena minum anggur. Ia kemudian dipotong dengan parang oleh orang-orang Absalom atas perintah Absalom. Peristiwa yang terjadi dalam perikop bacaan kita hendak memperlihatkan konflik internal yang menjadi bagian dari kehidupan raja daud. Jemaat yang terkasih, Ketika Amnon tidak mau bertanggungjawab maka nampak bahwa Amon hanya mau memperkosa Tamar adik Absalom.

Sumber konflik ke-1.
Dalam kehidupan sebagai keluarga bisa terjadi dalam bentuk sex abuse. Penyelewengan ini akan menimbulkan sakit hati yang luar bisa dan kesedihan yang mendalam. Anda tidak bisa menganggap sakit ini sebagai sakit yang biasa sebab pengkhianatan yang terjadi dalam relasi suami-istri adalah kekejian dihadapan Tuhan. Allah adalah oknum yang menemukan seks, dan Ia menciptakan seks demi kesenangan juga untuk menghasilkan keturunan. Tetapi, Alkitab tegas-tegas berkata bahwa hubungan seks harus dinikmati hanya oleh mereka yang telah menyatukan diri mereka dalam ikatan pernikahan seumur-hidup. Hubungan seks tanpa ikatan pernikahan digolongkan sebagai perzinahan. Rasul Paulus menyatakan bahwa mereka yang melakukan hal-hal itu tidak akan mewarisi Kerajaan Allah (lihat 1 Korintus 6:9-11). Walaupun orang Kristen dapat dicobai dan berzinah atau berselingkuh, ia akan merasakan hukuman dalam rohnya yang akan membawanya pada pertobatan. Paulus juga memberikan beberapa petunjuk khusus tentang tanggung-jawab seks kepada suami dan istri: Tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri. Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. (1 Korintus 7:2-5). Ayat-ayat di atas memperjelas bahwa seks tidak boleh digunakan sebagai "hadiah" oleh suami atau istri karena baik suami atau istri tak berkuasa atas tubuhnya sendiri.

Lagipula, seks adalah karunia pemberian Allah, dan seks adalah hal yang suci atau bukan dosa selama dalam batas-batas pernikahan. Paulus mendorong para pasangan nikah Kristen untuk tetap terlibat dalam hubungan seks. Lagipula, kita bisa temukan saran tersebut bagi para suami Kristen dalam kitab Amsal: Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu: rusa yang manis, kijang yang jelita; biarlah buah dadanya selalu memuaskan engkau, dan engkau senantiasa berahi karena cintanya. (Amsal 5:18-19). Pria tertarik kepada wanita yang menarik di matanya; sedangkan wanita cenderung tertarik kepada pria yang mereka sanjung karena berbagai alasan, dibandingkan hanya daya-tarik fisik. Jadi, istri yang bijak selalu memperhatikan hal terbaik yang bisa dilakukannya untuk menyenangkan suaminya sepanjang waktu. Suami yang bijak menunjukkan perhatiannya kepada istrinya setiap waktu dengan memberi pelukan dan perhatian penuh, bukannya mengharapkan istrinya untuk tetap "siap setiap saat" dalam sekejap di penghujung hari. Sangatlah penting agar suami dan istri Kristen saling mendiskusikan kebutuhan mereka dengan jujur dan belajar sebanyak mungkin tentang bagaimana perbedaan masing-masing. Selama berbulan-bulan dan tahunan komunikasi, hubungan seks antara suami dan istri dapat menjadi berkat yang istimewa.

Sumber Konflik yang ke -2
Dalam bacaan ini adalah DENDAM. Absalom menunggu waktu yang tepat 2 tahun lamanya untuk membalaskan sakita hati adiklnya ( ayat 22 ). Sehingga undangan yang diajukan kepada Amnon adalah undangan kematian. Jemaat yang terkasih, hidup dalam dendam merupakan persoalan dalam suami-istri sehingga dendam mengacaukan semua bentuk keindahan yang Tuhan ciptakan dalam lembaga keluarga. Ketika dendam disimpan untuk tiba pada waktu diwujudkan akan menimbulkan masalah yang besar. Apakah yang harus dilakukan oleh setiap orang Kristen? Hal membalas dendam haruslah ditinggalkan di tangan Tuhan. Ada dalam Alkitab," Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan (Roma 12:19) Janganlah engkau berkata: "Aku akan membalas kejahatan," nantikanlah TUHAN, Ia akan menyelamatkan engkau." (Amsal 20:22) Kita harus melawan pembalasan dendam dengan  kasih. Ada dalam Alkitab,"Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu." (Matius 5:38-39) Janganlah berbahagia ketika musuhmu jatuh. Firman Tuhan juga menyatakan," Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu" (Amsal 24:17-18) Dendam memunculkan undangan yang berujung kepada maut sehingga yang terjadi adalah pembunuhan yang berlangsung dengan keji.

Maka sumber konflik ke-3 adalah rencana yang jahat. Rencana jahat adalah sebuah undangan yang disertai dengan sikap manis didepan tetapi dengan rencana jahat dibelakang. Dalam rencana jahat terkandung kemauan agar orang lain dibinasakan, disingkirkan. Rencana jahat ini biasa muncul dari hati jahat. Dalam perikop bacaan kita dikemukakan bahwa rencana jahat terjadi saat hati yang kotor dan busuk dijernihkan. Seperrti diungkapnkan Yesus, bahwa hidupnya kelihatan bveribadah dan aktif di gewreja tetapi hati penuh dengan rencana jahat. Setiap bentuk peristiwa yang dibuat dengan rencana yang jahat pasti Tuhan akan patahkan. Jadi diperlukan adalah hidup dengan hati yang bersih dan bening. Jiwa yang tetap terpaut kepada Tuhan dan kemauan untuk selalu menyembah-Nya.

Cara mengatasi konflik dalam keluarga adalah: Bagaimana pun usaha kita untuk mencegah terjadinya konflik, kadang terjadi juga. Menyadari bahwa setiap perbedaan yang muncul dan menjadi konflik  perlu segera diatasi agar tidak berkembang ke arah negatif.

The Bible, in talking about how our relationship with God is healed, says, "IF we confess our sins, he is faithful and just and will forgive us our sins and purify us from all unrighteousness. If we claim we have not sinned, we make him out to be a liar and his word has no place in our lives" (1 John 1:9-10). If there is no confession there is no forgiveness. You cannot claim you have no sin and expect to get well. Everybody else can see it; you might as well admit it.

Mengakui bahwa kita berdosa akan memandang pengampunan Tuhan sebagai hal besar. Cara kedua adalah bertobat. Hanya dengan pertobatan maka konflik dalam keluarga dapat teratasi. Allah membenci kesombongan. Sudah jahat sombong pula dengan kemauan untuk bertobat maka terwujud kesediaan untk mengalami pembaruan ( bacalah Roma 12 : 18 ). Bertobat dari semua kejahatan akan menolong kita untuk selalu memahami bahwa kita memerlukan Tuhan dalam kehidupan kita semua.

Maka marilah kita hidup dengan menjaga hati dan pikiran kita dalam kehendak Tuhan yaitu selalu diterangi oleh Firman Tuhan.  Amin.




Pdt. Alexius Letlora D.Th





Arsip Khotbah:

Minggu, 10 Desember 2017
KUASA ALLAH YANG BERKUASA

Minggu, 3 Desember 2017
MENANTI KARYA BESAR ALLAH

Sabtu, 25 Nopember 2017
MELAYANI ALLAH HARUS KUDUS

Minggu, 19 November 2017
LISTEN IS SILENT

Minggu, 12 Nopember 2017
MEREKA BUKAN KELOMPOK KITA?

Minggu, 29 Oktober 2017
THE ART OF SERVICE

Minggu, 22 Oktober 2017
HIDUP ADALAH PUJIAN BAGI ALLAH

Minggu, 01 Oktober 2017
ROTI PENDERITAAN DAN ROTI KEHIDUPAN

Minggu, 24 September 2017
KONSISTENSI DALAM PERKATAAN DAN PERBUATAN

Minggu, 13 Agustus 2017
MENAATI PERATURAN MEMBEBASKAN

Arsip Khotbah..

Mengenai Saya:

Pdt. Alexius Letlora D.Th
Saya adalah Pendeta di GPIB Jemaat Immanuel, Depok. Melayani selama 27 tahun sejak desa Baras (Sulawesi Barat). Istri Conny Alma Letlora - Sumual, menjadi pendamping yang turut terlibat mendorong saya untuk semakin bertumbuh dalam pelayanan.
Kami diberkati 26 tahun yang lalu dan dikaruniakan anak-anak,  Linkan, Kezia dan Andrew sebagai anugerah Tuhan kepada kami. Kami sekeluarga bersyukur untuk semua kebaikan Tuhan dalam hidup kami.
MAJU TERUS BERSAMA YESUS SEBAB DALAM PERSEKUTUAN DENGAN-NYA JERI LELAH KITA TIDAK PERNAH SIA-SIA.
Popular:


HIDUP BERPENGHARAPAN DI TENGAH MASA SULIT
MAKNA KEMATIAN YESUS (Jumat Agung)
GEREJA YANG MELAYANI DAN BERSAKSI - DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN JEMAAT
TUJUAN KETERPILIHAN MANUSIA
SEPATU YANG BERLUBANG
KONFLIK DALAM KELUARGA KRISTEN
`SUAMI-ISTRI YANG DIKAGUMI DAN DICINTAI`


Sub Kategori Khotbah:

    Last Searches:
    berkat allah bagi keluarga (1), berpidato untuk kebaikan diri sendiri untuk tuhan. (1), cara mengatasikonflik dlm keluargakristen (2), perikop tentang bertahan dalam pengajaran (1), renungan galatia 3:23-29 (1), "orang besar""hati besar" (1), "penantian" kotbah (1), "sumber-sumber konflik pernikahan kristen" (2), 1 korintus 7:2-5 (1), 1 petrus 1: 3-12 (1), 1 tesalonika 5 6-11 (1), 1 yohanes 5:1-5 (3), 1Tesalonika5:6-11 (1), 2 samuel 12 ayat 13 (1), 3 artikel orang yang berpengharapan (1), 3 perseteruan dalam keluarga di dalam alkitab (1), Abigail perempuan bijak (1), abigail wanita bijak (1), ajaran nihilisme (1), akibat bagi orang yang percaya jika ia tidak berpengharapan (1), alasan ketidakadilan manusia menurut alkitab (1), alasan mengapa selaku anak Tuhan kita harus hidup berpengharapan (1), alasan orang kristen untuk berpengharapan kepada Yesus (1), alex letlora (1), alex letlora 2 raja-raja 4 31 37 (1), allah dan karyanya (1), ALLAH MEMBERKATI NUH DAN KELUARGANYA (1), amsal 22 17-19 (8), amsal 5 : 13-23 (1), amsal 5 :13-23 (1), apa 3 bentuk konflik dari pertobatan (1), apa arti hidup berpengharapan dalam iman kristiani (3), apa artinya mengalami kasih karunia (1), Apa bedanya anugerah dan kasih karunia (1), apa berkat allah ditengah keluarga nuh (1), apa itu hidup berpengharapan (1), apa itu sifat yang kompatibel (1), apa konsekuensi sebagai seorang murid yesus (1), apa makna hidup berpengharapan dalam iman kristiani (1), apa makna kegelapan yang meliputi golgota dan tirai bait Allah terbelah menjadi 2 (1), Apa Makna kematian Yesus Kristus/jumat agung (1), apa perbedaan grace dan faver (1), Apa yang dapat kita pelajari dari kesetiaan allah pada janjinya (1), apa yang menjadi alasan orang kristen berpengharapan kepada yesus? (1), apa yg dilakukan agar iman kristen tdk goyah (1), apakah bukti bahwa bahasa taat kepada konteks (1), apakah yesus memerlukan pujian (1), aplikasi kotbah kristen perseteruan suami istri (1), Arti bermartabat secara utuh (1), arti berpengharapan bagi umat kristen (2), arti dari Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan (1), arti favour dlm agama kristen (1), arti firman Tuhan amsal 22 (1), arti hidup berpengharapan (4), arti kuasa maut telah dikalahkan (1), arti malam bagi para pemazmur (1), arti maz 119:1-8 (1), arti memercayakan diri (1), arti pentakosta pribadi (1), arti sebuah kemerdekaan khotbah kristen (1), arti To be trusted is a greater compliment than being loved. ~ George MacDonald" (1), artikel konflik dalam kekristenan (1), Artikel kotbah tetang hidup berpengharapan (1), artikel kristen tentang konflik keluarga (1), Artikel Kristen Hidup Berpengharapan (1), artikel kristen tentang perwujudan (1), artikel markus 1:14-15 (1), artikel pdt. alex letlora (3), artikel tentang hidup berpengharapan (2), artikel yang memperlihatkan hidup yang tidak berpengharapan (1), artikel; pemeliharaan Allah (1), ayat alkitab tentang jeri payah tidak sia sia (1), ayat Alkitab utk mengatasi konflik keluarga Kristen (1), ayat berpengharapan (1), ayat firman Tuhan jeri payah dalam Tuhan tidak sia-sia (1), ayat mendengar suara tuhan (1), ayat paskah tentang persembahan yang tulus (1), Ayat penantian (1), ayat peneguhan sidi (1), ayat setiap jaman ada utusan (1), ayat tentang pergumulan kristen (1), ayat untuk sahabat yang berkhianat (1), ayat untuk tangan menjadi kuat (1), bacaan seks sekeluarga (1), bagaimana hidup dengan berpengharapan di dalam yesus (1), bagaimana mengalami penolakan dalam Tuhan (1), bagaimana mengenal allah melalui pengenalan akan diri sendiri dan mengenal diri sendiri melalui peng (1), bagaimana mengusahakan keluarga sebagai anugerah Allah (1), bagaimana menjadi orang Kristen yang berpengharapan? (2), Bagi Berkat.com (1), bahagia orang yang mencari tuhan (1), bahan khotbah bersyukur dan berpengharapan (1), Bahan khotbah keluarga yang bertumbuh (1), bahan khotbah tentang keluarga yg menjadi berkat dalam alkitab (1), bahan khotbah tentang ketidakadilan (1), bangkit bersama kristus (1), batas batas peran seorang kakak dalam.alkitab (1), batsyeba salomo adonia (3), batsyeba atau batsyua?? (1), belajar pada kesetiaan allah (1), benteng yeriko (1), bentuk-bentuk konflik dalam keluarga (1), berapa kali yesus bangkit (1), berapa tebal dan tinggi tembok yeriko (1), berapa tebal tembok yerikho (2), berbalik kepada Tuhan (1), berita pengkhianatan kasih (1), berita yang dikumandangkan perjanjian kudus (1), berjaga jaga dlm kasih (1), berkat allah dalam keluarga (1), berkat apa yang diberikan tuhan kepada orang yang berpengharapan (1), berkat bagi keluarga (1), berkat berpengharapan kepada tuhan (1), berkat besar (1), berkat dalam keluarga (1), berkat dalam keluarga kristen (1), berkat dari kepercayaan kita kepada yesus kristus (1), berkat keluarga (1), berkat nuh (1), berkat rajin ibadah (1), berkat terhambat (1), berkat tuhan bagi keluarga (2), berkat tuhan bagi keluarga, (2), berkat tuhan dalam keluarga (2), berkat tuhan dalam keluarga kristen (1), berkat untuk keluarga kristen yg sungguh (2), berkat-berkat dalam keluarga kristen (1), Berkat-berkat jika kita berpengharapan di dalam Tuhan Yesus (1), Berpengharapan (8), berpengharapan akan penyertaan tuhan (1), berpengharapan dalam iman (1), berpengharapan dalam Kristus (1), berpengharapan dalam pergumulan (2), Berpengharapan dalam Tuhan kristiani (1), berpengharapan di dalam doa (1), berpengharapan di dalam Tuhan kristen (1), berpengharapan di dalam Tuhan tidak akan sia-sia (1), berpengharapan kepada Yesus (2), berpengharapan pada tuhan (1), berpengharapan pada yesus (1), berpengharapan penuh (1), berpengharapan penuh pada tuhan (2), berpengharapan teguh dalam hidup (1), bersoraklah hai jiwaku firman tuhan (1), bersyukur dan berpengharapan (1), bertumbuh ditengah himpitan (1), bertumbuh sebagai keluarga Allah (2), besar tembok yerikho (1), buat seks dengan adikl kandung (1), bukti kasih phileo dalam pernikahan kristen (1), cara d0a berpengharapan dan bersyukur (1), Cara hidup berpengharapan (1), cara jidup berpengharapan (1), cara mempernalkan Allah pada Anak-anak (1), cara mengatasi konflik dalam keluarga dalam kristen (1), cara mengatasi konflik keluarga kristen (1), cara mengatasi pergumulan hidup (1), Cara mengatasi pergumulan hidup bersama yesus (2), cara mengganti ruang publik menjadi ruang privat (1), cara menghilangkan dendam menurut kristen (1), cara penyelesaian konflik pasutri kristen (1), cari ayat alkitab"...imamat rajani,umat kepunyaan Allah" (1), Carikan karangan yang berisi orang yang Hidup dalam Iman ( Berpengharapan ). (1), catatan khotbah imamat 26:1-6 (1), Catatan khotbah pentingnya persekutuan Roh secara individu (1), catatan kotbah mencari tuhan (1), cerita cinta dalam karuniaNya (1), cerita hidup berpengharapan (1), cerita rohani tentang nyanyian (2), CinTasukacitaharapan (1), cleansing rezim yang terjadi di (1), contoh allah melindungi umatnya (1), contoh bahwa kehidupan manusia selalu diwarnai oleh takut akan tuhan (1), contoh bahwa kehidupan manusia selalu diwarnai tentang takut akan tuhan (2), contoh konkret hidup kudus (1), dalam hidup ini,nasihat terbaik yang diterima . (1), dalam kehendak tuhan yang penuh kasih (1), dampak pentakosta (2), Dendam dalam saudara kristus (1), dengarkan hal yang perlu didengarkan (1), dengarkan yang pantas didengarkan (1), di dalam alkitab terdapat perseteruan antara saudara kandung seperti (1), dialog percakapan tentang kehidupan (1), didalam yesus kita dapat melangkah dalam kepastian (2), dijauhkan dari ketidakadilan (2), dimana ada ketidakadilan disitu ada ketidakbenaran (1), Dimanakah janji Allah kepada Abraham ditepati. (1), Dispiritualisasikan (1), doa berlaku ketidakadilan (1), doa inner beauti (1), doa karena ketidakadilan (1), doa ketika dizhalimi diperlakukan tidak adil (1), doa ketika mengalami penolakan (1), doa masa pentakosta 04-06-2014 (1), doa menghadapi ancaman orang (1), doa menghadapi kejahatan ancaman orang (1), doa minta tolong dari ancaman orang (1), doa orang yang terancam seseorang (1), doa paulus untuk sakitnya (1), doa untuk berkat keluarga (1), doa untuk hati yang.ketakutan terancam (1), doa untuk menghadapi peperangan rohani (2), Doa untuk orang mengalami ketidakadilan (1), doa untuk orang-orang yang mengalami ketidakadilan (1), doa untuk untuk pemimpin umat (1), dosa dikalahkan kasih karunia (1), efesus 1 3-14 (1), efesus 14:21 (1), efesus 1:3-14 (5), eksposisi 1 petrus 1 : 3-12 (2), eksposisi lukas 23:44-49 (1), eksposisi mazmur 2:11 (1), eksposisi mazmur 34 (6), filipi 2 1-7 (2), firman Allah tentang ketidakadilan (2), firman tuhan dari kitab amsal (1), firman tuhan kristen ketidakadilan (1), firman tuhan tentang ketidakadilan (1), galatia 3 ayat 23 (1), galatia 3:23-29 (1), galatia. 3: 23-29 khotbah (2), gpib khotbah hut (3), hal - hal apa yang membuat orang kristen sulit berpengharapan (2), HAL-HAL APA SAJA KESETIAAN YUSUF (1), hal-hal penting bagi para pelayan Tuhan (1), hasil dari ketaatan dan kekudusan (1), hidup beriman dan beroengharapan kristen (1), hidup beriman dan berpengharapan (2), hidup beriman dan berpengharapan dalam Tuhan (1), hidup beriman dan berpengharapan pada orang kristen (1), hidup beriman dan berpengharapan secara kristen (1), hidup berpengharapan (13), hidup berpengharapan dengan Yesus (1), hidup berpengharapan pada kuasa yesus (1), hidup berpengharapan pada tuhan (1), hidup bersama dan berpengharapan (1), hidup bersama dengan benar (2), hidup bukan soal roti ayat (1), HIDUP DALAM KELUARGA ALLAH (1), Hidup ini singkat, dengarkan yg pantas didengarkan. (1), hidup kristiani (4), hidup penuh penderitaan [kristiani (1), HIDUP SELALU DI TUNTUN OLEH ROH KUDUS (1), hidup suami istri dalam tuhan (2), hidup tak berpengharapan (1), hidup yang berkualitas dalam yesus (3), hidup yang berpengharapan (1), hidup yang tidak berpengharapan (1), hidup yg berpengharapan (2), hidup+berpengharapan+di+tengah+masa+sulit (1), hikmad pelayan Tuhan (1), homili jumat agung lukas 23 : 44-49 (1), HOSPITALITY DI DALAM KELUARGA (2), hotbah pdt aleks letlora kasih kristus memenangkan hidup (1), hotbah tdk mau mengakui keberadaan dan jerih lelah org lain (1), hotbah+kristen+janji+yang+ditepati (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=168 (4), http://alexletlora.com/index.php?ipage=171 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=179 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=186 (3), http://alexletlora.com/index.php?ipage=188 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=231 (1), http://alexletlora.com/index.php?ipage=259 (2), http://www.alexletlora.com/index.php?ipage=77 (1), hubungan dengan hidup beriman dan berpengharapan bagi org2 (2), Hubungan keluarga nuh (1), hubungan kesetiaan dan janji (1), hubungan nuh dengan allah (1), hubungan nuh dengan tuhan (1), hubungan pujian dan kesehatan (1), hubungan yesus dan daud (1), hut pelkat gpib (1), ia tidak ada disini sebab ia sudah bangkit (1), ibrani 13:1-5 (3), ibrani 3:12-15 (3), II Samuel 13 Hotbah kristen (1), ikuti jalan yesus (1), ikuti saja jalan Tuhan (1), ikutilah jalan yesus (1), iman yang menyelamatkan (1), ingat sobat hati kita harus dibaharui oleh Tuhan (1), ini pilihan hidupku bersama yesus (1), isi dialog sebuah berita (1), isi khotbah membangun jemaat kristen 2013 (1), istri yang berkenan di mata Tuhan n suami kristen (2), istri yang dendam pada suami menurut alkitab (1), jadilah istri yang baik buat suamimu (1), Jadilah istri yang sesuai dengan Firman Tuhan Yesus (1), jangan ragukan kuasa TUHAN (1), janji allah kepada abraham yang belum terwujud (1), janji allah untuk kita (1), janji allah untuk kita galatia 3:23-29 pdt alex letlora (1), janji dalam hubungan (1), janji tuhan kepada abraham adalah janji yang murni (1), Jelaskan peranan iman yang menyelamatkan dalam kehidupan (2), jumat agung (1), Kalender juli 2014 to be trusted is a greater compliment (1), kalimat yg berpengharapan dalam do kristiani (1), karya allah dalam pelayanan (1), karya allah dalam pembaharuan hidup (1), karya allah dalam peristiwa yang dialami manusia (1), karya karya Allah saat ini (2), karya keselamatan allah terwujud dalam (1), karya penyelamatan allah melalui yesus kristus adalah puncak dari seluruh pernyataan (1), karya penyelamatan allah melalui yesus kristus merupakan puncak dari seluruh pernyataan (1), karya penyertaan tuhan (1), karya roh kudus meruntuhkan sekat-sekat perbedaan antara umat manusia (1), karya tuhan + paskah (1), kasdim depok (1), kasih karunia nyata atau tidak (1), kasih kristus memenangkan hidup (2), Kasih Kristus Memenangkan Hidup - 1 Yohanes 5 : 1 - 8 (1), kasih memenangkan (1), kata janji tidak pernah ditepati (1), kata kata berpengharapan di dalam Tuhan (1), kata kata untuk pemimpin punjian (1), Kata tegar dalam pergumulan (1), kebahagiaan hidup berpegang pada firman tuhan (1), kebenaran dan ketidakadilan (1), kehendak Allah adalah mengalami kasih allah (1), kehidupan yang diwarnai oleh kemurahan tuhan (2), kehidupan yang kegalapan dalam alkitab (1), kehidupan yg di jaga tuhan (1), keindahan mengikut YESUS (1), kekuatan para murid murid yesus dalam menghadapi tantangan dalam pemberitaan injil (1), kekuatan tuhan selalu melindungi kita (1), kekuatan yang meruntuhkan tembok yerikho (1), kekudusan keluarga (1), keluarga : sahabat Tuhan Yesus (1), KELUARGA ALLAH YANG KUDUS KHOTBAH (1), keluarga allah yg bertumbuh (1), keluarga kristen (2), keluarga kristen khotbah (1), keluarga yang menjadi saluran berkat (1), KEMARAHAN YESUS (4), kematian tragis penghina alkitab dan kristus (1), Kemegahan apa ada pada istri kristen (1), kerja sebagai berkat allah (2), kesatuan dalam perbedaan (1), kesehatan spiritual secara iman kristen (1), keselamatan tidak dapat diperjual belikan hal ini dikemukakan oleh (2), kesetiaan allah (3), kesetiaan janji allah (1), kesetiaan pada perjanjian dengan Allah (2), kesetiaan terhadap janji Allah untuk masa depan (1), kesetiaan Tuhan (2), kesetiaan tuhan tidak berubah (1), Kesetiaan yakub (1), kesetiaan yakub untuk rahel (1), kesetiaan yang diajarkan Tuhan (1), kesetiaan yang sia sia (1), kesetiaan yusuf anak yakub (1), kesetiaan yusuf kepada allah (1), kesetiaan, khotbah minggu (1), kesetian didalam tuhan (2), kesombongan dan konflik menurut alkitab (1), Ketakuta akan masa depan orang kristen (1), ketebalan tembok yerikho (1), keteladanan yakub (2), ketidakadilan dan kehendak tuhan (1), ketidakadilan karena Tuhan Yesus (3), ketidakadilan yesus ayat (1), ketika ketidakadilan (1), khiotbah kristen: teladan mikhal (istri daud) (1), khotba berkat dalam keluarga (2), khotba kristen keluarga yang diberkati tuhan (2), khotba kristen keluarga yang diberkati#q=khotba kristen keluarga yang diberkati (1), khotba kristen pdt alex letlora (2), khotba kristen tentang kesatuan dalam perbedaan (1), khotba kristen. pdt alex letlora (1), khotba kristen:bagaimana kita mengatasi konflik dlm rumH tangga (3), khotba pdt.alex letlora. hidup berpadanan dengan injil kristus (1), khotba untuk keluarga kristen 2014 (1), khotba wanita kristen dari kitab amsal (1), khotbah kristen hidup berpengharapan (2), Khotbah tentang percakapan Yesus dengan perempuan samaria (1), khotbah 1 petrus 1 3 - 12 (2), khotbah 1 petrus 1 3-12 (1), khotbah 1 petrus 1:3-12 (2), khotbah 1 petrus 1:6 (1), khotbah 13 oktober 20013 (1), khotbah 1yoh. 5:1-5 (3), khotbah 2 sam 18:19 (1), khotbah 2 samuel (1), khotbah 2 samuel 23 : 5 (1), khotbah 2 samuel 3 (1), Khotbah : Markus 1 : 12 - 15 (1), Khotbah : Yesus di padang gurung ( Markus 1 : 12 - 15 ) (1), khotbah abigail (1), khotbah akal gibeon (1), khotbah allah yang berdaulat (1), khotbah Amsal 13:17 (1), khotbah amsal 22 17-19 (2), khotbah amsal 22:1 (1), khotbah amsal 5 13-23 (2), khotbah beribadah dengan kekudusan (1), khotbah beriman:percaya dan memercayakan diri (2), khotbah berkarya selama hidup untuk orang lain (1), khotbah berkat tuhan dalam keluarga kristen (1), khotbah bermakna untuk orang lain (1), khotbah bersoraklah hai jiwaku (1), khotbah bersyukur dan bersoraklah (1), khotbah bertumbuh di tengah persoalan hidup (1), khotbah bongkar kebiasaan lama (4), khotbah dalam 1 petrus 1:3 (1), khotbah dari 1 petrus 1 ayat 15 -16 (2), khotbah dari efesus 1:3-14 (1), khotbah dari lukas 23:44-49 (1), khotbah dari lukas 4 (1), khotbah dari lukas 4:16-30 (1), Khotbah dari Wahyu 19:1-5 (1), khotbah derai air mata (1), khotbah di masa-masa sulit (1), khotbah doa paulus jemaat efesus (1), khotbah dri 1 petrus 1:3-12 (2), khotbah efesus 1 3-14 (3), Khotbah Efesus 1 : 3 - 14 (1), khotbah efesus 2 ; 11 - 22 pdt alex ltlora (1), khotbah efesus 3 : 14 -21 (1), Khotbah Efesus 5:1-21 (1), khotbah efesus 5:22-30 (1), khotbah efesus 6 : 18 - 22 (1), khotbah efesus 6:10 (1), khotbah efesus 6:10 -17 (2), Khotbah Filipi 2 : 1 - 4 (1), Khotbah filipi 2 : 1 -11 (1), khotbah galatia 3 (2), khotbah galatia 3 23-29 (3), khotbah Galatia 3 26 (1), khotbah galatia 3 : 25 - 29 (1), Khotbah Galatia 3 : 26 - 29 (1), khotbah galatia 3 : 29 (2), khotbah Galatia 3 ayat 23-29 (1), khotbah galatia 3:23-29 (5), khotbah galatia 3;25-29 (1), khotbah gki efesus 1:3-14 (1), Khotbah GKJ: Kristus dan kegenapan hukum taurat (1), Khotbah GPIB; Percaya dan mempercayakan diri (1), Khotbah hari kemerdekaan (1), khotbah hari pentakosta (1), khotbah hari ulang tahun jemaat (2), khotbah hari ulang tahun memaknai hidup di usia 18 th (1), khotbah hidup benar didalam kebenaran (2), khotbah hidup berpengharapan (2), khotbah hidup dngan berpengharapan (1), khotbah hidup penuh persoalan (1), khotbah hikmat kepemimpinan (1), Khotbah HUT (1), khotbah hut gereja (1), khotbah hut gereja/jemaat (1), khotbah HUT jemaat (12), Khotbah hut kemerdekaan (1), khotbah HUT PA (1), khotbah Ibrani 13 (1), khotbah ibrani 13:1-5 (1), khotbah iman yang menyelamatkan (1), khotbah injil markus 14 : 62 (1), khotbah jangan pernah lelah mencari Tuhan (1), khotbah jangan ragukan tentang Yesus (1), khotbah janji Allah kepada yakub (2), khotbah jumat agung (3), khotbah jumat agung kematian tuhan yesus (1), khotbah jumat agung kematian yesus (16), khotbah kasih karunia (1), khotbah kasih karunia allah (1), khotbah kehidupan keluarga kristen (3), khotbah kehidupan kristen (1), khotbah kejadian 48 (1), khotbah keluarga dari 2 samuel 18:27 (2), khotbah keluarga harus dimenangkan (1), khotbah keluarga kristen (6), khotbah keluarga kristen yang hidup dalam doa (1), khotbah keluarga sebagai refleksi hubungan allah dengan umatnya (1), khotbah keluarga sedang krisis melayani (1), khotbah keluarga yang diberkati (1), khotbah kematian tuhan yesus (1), khotbah kematian Tuhan Yesus dlm luk. 23: 44-49 (1), khotbah kemerdekaan (7), khotbah kemerdekaan 2014 (1), khotbah kemerdekaan dalam keluarga (1), khotbah kemerdekaan dalam kristus (1), khotbah kemerdekaan kristen (1), khotbah kesetiaan (1), khotbah kesetiaan allah (1), khotbah kesetiaan Yusuf (1), Khotbah ketidakadilan (1), khotbah ketidakadilan dalam hidup (1), khotbah Kisah Para Rasul 3:11-26 (2), khotbah Kolose 2:1-5 (2), khotbah kriaten jemaat yang membangun (1), khotbah kristen 1 korintus 13:1-3 (1), khotbah kristen 2 korintus 13,11-13 (1), khotbah kristen 2 samuel 13 :23 - 39 (1), khotbah krIsten 2 samuel 13:23-39 (3), khotbah kristen : daud dan batsyeba (gpib) (1), khotbah kristen bersyukur di tengah penderitaan (1), khotbah kristen dari 2 samuel 3:1 (1), khotbah kristen dari titus 2: 4-5 (2), khotbah kristen hidup berpengharapan (2), khotbah kristen HUT desa mazmur 23 (1), Khotbah kristen kehidupan yang melekat pada kristus (1)

    Kategori Utama: Artikel (39), Catatan Refleksi (68), Download Materi (2), Khotbah (151), Photo Keluarga (34)